Kamis, 02 Juni 2011

Belajar Dari Masa Lalu

Semua orang mungkin pernah memiliki masa lalu yang manis bahkan masa lalu yang pahit seperti apa yang saya pernah alami namun dengan ada nya masa lalu setiap orang bisa bangkit lagi memulai hidup nya dari Nol memulai hidupnya dari awal kembali.
Setiap orang mungkin pernah merasakan rasa bersalah sama seperti apa yang saya rasakan namun rasa bersalah itu yang membuat saya dapat belajar, belajar bagaimana caranya berkaca memperbaiki kesalahan yang selama ini saya perbuat dengan saya berani melakukan kesalahan berarti saya harus berani juga memperbaiki kesalahan itu.
saya dulu adalah orang yang susah untuk meminta maaf bahkan memaafkan orang lain saya adalah tipe orang pendendam selalu memngingat masa lalu dan yang saya ingat adalah masa lalu yang tidak baik untuk disimpan masa lalu yang sangat buruk tentang perilakuan orang terhadap saya tentang mereka yang selalu berfikir negative tentang saya dan masa lalu orang yang telah menyakiti saya. jujur sayapun lelah dengan semua yang saya simpan saya capek dengan masa lalu saya yang datang menghantui secara tiba-tiba, pernah suatu ketika saya berfikir kenapa saya susah memaafkan orang yang telah jelas-jelas telah menyakiti saya dan membuat saya seperti ini saya berfikir "Allah marah dan pasti marah dengan orang pendendam seperti saya dan Allah saja bisa memaafkan orang lain! kenapa saya tidak ??" dari situ saya mulai belajar sedikit demi sedikit melupakan semua yang telah terjadi dulu yang menjadi masa lalu saya tetapi saya pikir "kenapa saya harus buang masa lalu saya jauh-jauh saya hanya butuh sedikit melupakan nya sedikit namun biarkan masa lalu itu menjadi sesuatu pelajaran hingga saya dapat berkaca di masa yang akan datang". sedikit fikiran dan pendapat itu yang keluar dari otak dan diri saya sendiri saya berkata "Benar bukan kah masa lalu yang pahit bisa memberikan saya motivasi membuat saya berubah dan akan berubah menjadi lebih baik!!"

dengan semua yang saya dapat dari masa lalu yang buruk atau pun manis untuk dikenang saya berharap semua itu dapat menjadi pelajaran yang cukup untuk membuat saya lebih dewasa terlebih saat ini saya sudah tidak sendiri saya sudah menikah berarti saya harus belajar untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya dan belajar memaafkan serta belajar dari kesalahan yang saya perbuat dan yang saya harapkan saya terus bisa belajar dari setiap kesalahan dan dapat memaafkan siapapun yang telah menyakiti saya karna sangat tidak enak memiliki sifat ini sangat terganggu jika selalu terbayang dengan masa lalu yang saya punya. 

dan sesungguhnya yang saya rasakan ini adalah penih makna dan penuh arti seperti belajar dari tiap apa yang pernah saya rasakan membuat hidup menjadi lebih berarti dan bermakna :)

saya akan terus memotivasi hidup saya agar indah dan menjadi lebih baik karena semua itu bukan untuk orang lain namun untuk diri saya sendiri bukan kah begitu ? mungkin sesekali saya akan menengok kebelakang untuk melihat masa lalu saya namun bukan untuk di ingat kembali tetapi untuk belajar menjadi yang lebih baik dari sebelumnya, jadi biarkan masa lalu itu tertulis dibuku yang sangat usang dan bergembok besi yang sulit dibuka oleh kunci yang saya miliki :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar