Rabu, 01 Juni 2011

Hypnobirthing

Pertama kali denger yang namanya Hypnobirthing yang ada dipikiran itu hipnotis dan sugesti, tapi saya penasaran dengan kata-kata tersebut akhirnya saya coba cari tau tentang apa sih Hypnobirthing

Ternyata Hypnobirthing itu setelah saya mencari dan baca bukunya serta browsing di mbah google, ternyata bukan seperti itu. jadi menurut pandangan saya, hypnobirthing merupakan teknik relaksasi, pengaturan pernapasan, otot serta pikiran untuk mengsugesti diri kita, sehingga para ibu hamil yang awalnya cemas dan tegang menghadapi kehamilan dan menjelang sampai proses melahirkan akan menjadi  lebih rileks dan tenang tapi semua itu ada caranya bukan hanya dengan membaca buku atau artikel tentang hypnobirthing tapi kita harus mempraktikan apa yang sudah di tuliskan dibuku tersebut dengan merileksasi kan badan pikiran dan mengambil pikiran positivenya dan buang yang negative. dan gak cuma itu saja yang saya baca program hypnobirthing ini benar-benar bisa mengurangi rasa sakit untuk ibu yang melahirkan bukan hanya mengurangi bahkan ada beberapa pengalaman yang tertuliskan di buku "Melahirkan Tanpa Rasa Sakit" dan "Mencerdaskan Anak Sejak Dalam Kandungan" (terbitan BIP) beberapa ibu melahirkan tanpa merasakan rasa sakit pada pembukaan 1 -10 dan sampai si baby lahir saya sih belum pernah  coba ehehehe tapi dikehamilan pertama ini saya akan mencoba mempraktikannya dan satu lagi hypnobirthing juga mengajarkan bagaimana kita berkomunikasi dengan janin sama dengan cara sebelumnya yaitu relax dan tenang sambil memgang perut dan mulai lah berkomunikasi dengan si janin banyak juga lho para ibu hamil yang mempraktikan nya menyuruh si janin menendang perut si ibu atau menanyakan sesuatu misal "nak coba beritahu bunda kata dokter kamu berjenis kelamin laki-laki apa benar kalau benar coba tendang perut bunda 2 kali saja tidak lama si bayi pun menendang perut ibunya 2 kali dengan rasa tidak percaya si ibu mengulangi pertanyaan yang sama dan si bayi pun memberi tendangan 2 kali seperti tadi" 

 



seperti yang dituliskan di salah satu buku yang saya baca  

hypnobirthing itu sendiri terdiri dari berbagai macam teknik relaksasi yang dapat digunakan oleh para ibu saat bersalin. Teknik relaksasi semacam ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan dari rasa sakit dan tekanan emosi saat persalinan, tanpa menggunakan obat bius. Hypnobirthing merupakan praktik hipnotis terhadap diri sendiri (self-hypnosis) yang kemudian digunakan dalam proses melahirkan.
metode hipnotis untuk melahirkan ini sebenarnya telah dipraktikan sejak tahun 1950-an di Amerika Serikat. namun, metode hipnotis pada era tersebut sebelum dikenal dengan nama "hypnobirthing". pada dasarnya, hypnobirthing itu sendiri adalah penerapan hipnotis untuk menanggulangi rasa sakit tanpa keterlibatan obat-obatan.



semoga bermanfaat ya buat ibu hamil atau yang membutuhkan :) 

ini lah beberapa buku yang saya miliki dapat dibeli di Gramedia dimana saja :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar