Jumat, 10 Februari 2012

Bukan Pejuang ASI tapi Sukses memberikan ASI...

Perjuangan gue menyusui Althaf gak hanya sejengkal tapi banyak yang gue lewatin sampe akhirnya gue bisa mulus menyusui anak gue sendiri, keluarga sangat mendukung ASI. nyokap gue melek ASI dari jaman dulu kala dan mertua gue udah ngalamin sendiri gimana amazing nya si cairan ASI itu. cerita dikit suami gue bayi premature yang lahir di usia 7 bulan dengan berat 1.200gr jaman dulu mana ada inkubator ya mungkin ada tapi suami rumah nya jauh dari rumah sakit sehingga di urus sendiri dan hanya ASI obatnya.

Dan Althaf lahir ada masalah nafas cuping katanya, kalau dokter bilang ada air diparu-paru nya yang harusnya keluar dengan sedot manual ini gak bisa jadi harus disedot dengan mesin. dimasukan selang kecil dari mulut mungilnya berontak nangis sampai di solasi putih agar gak lepas-lepas.

Miris rasanya hati menangis lihat foto yang di foto ayahnya karna gue sendiri belom bisa turun kasur setelah lahiran efek ILA jadi gak bisa turun kasur lihat Althaf. Setiap hari gue usaha supaya ASI keluar cerita lengkap nya ada disini

http://divizarracute.blogspot.com/2012/02/welcome-world-baby-l-5-november-2011.html

Hari pertama, kedua dan ketiga gue berjuang mati-matian agar anak gue dapet hak ASI nya, biar cepet sehat cepet pulang kerumah. dan semua gue lakuin biar sulit pun, pihak Rs pun gak ada menyulitkan gue memberikan ASI justru mendukung.?

Kenapa sih gak sufor aja ?
Karna gue yakin anak gue nunggu sampe ASI gue keluar seperti yang dijelasin para dokter dan suster di NICU bahwa L bertahan tanpa asupan apapun.

Jangan pernah berfikir bahwa nipple flat udah gak ada kesempatan buat menyusui, gue gak berfikir apapun yang dipikiran gue adalah "pasti bisa menyusui anak gue sendiri" Alhamdulillah dengan ngotot nya gue dukungan semua orang di dekat gue akhirnya gue berhasil ngasih ASI.

Mulai dari 10ml, 20ml, 50ml sampai 100ml dan 150ml amazing di hari ke tiga gue berhasil dapet segitu banyak cuma karna ngotot dan pumping dua jam sekali rutin meskipun pinjem breastpum Rs.
Tiap hari di Rs kerjaan gue cuma Pumping - Makan - Nicu - pumping - Makan begitu seterus nya selama gue 5 hari di Rs.

Jaitan masih nyeri basah, efek ILA pusing dan tulang belakang sakit pun masih mendera gue, serba salah gue di kamar disediain kursi roda buat bantuan ke Nicu dan di dorong suster atau suami. Cuma ketika gue duduk di kursi roda jaitan itu rasanya kayak gak bisa di ungkapkan lah luar biasa. Jadi gue milih jalan pelan-pelan dari lantai 5 sampe lantai 2 meskipun naik lift gue melipir-melipir tembok supaya gak jatoh secara masih pusing, sedangkan si ayah ngurus segala sesuatu soal Althaf gak jarang gue jalan sendiri.

Gak mudah memang kalo dibayangin apalagi kalau nipple mulai lecet, berdarah bengkak dan yaahhh mastitis dimulai, gue pun sempet gak bangun gara-gara mastitis.

Mungkin sebagian orang ngeremehin dengan gue sebagai ibu menyusui dan FTM gak pernah ada yang namanya pasang surut menyusui sering gue disindir bahwa gue gak bisa di bilang pejuang asi, ya lagian gue gak ngarep di anggap pejuang kok. Masih banyak kendala gue menyusui Althaf di awal ditengah dan menuju akhir.

Mastitis berulang itu nyiksa banget, demam dan payudara sakit. bolak balik ke konselor laktasi dikasih Antibiotik dan wajib di minum sembuh dan berulang lagi mastitis itu berulang sampe L usia 11m. Belum lagi tepat usia L 4 bulan, Althaf udah gak mau nenen sebelah kanan kalo dikasih kanan itu dia kayak mau muntah bagaikan dikasih racun. Gue tetep berusaha buat Althaf mau nenen di sebelah kanan konsultasi dokter anak, konselor laktasi berulang-ulang dan gak ada hasilnya mulai dari benahi pelekatan, dipantau sampai pelekatan bener Althaf pun gak mau nenen juga dikanan sampe akhirnya konselor laktasi Prof.Rulina bilang sebenarnya bayi menyusui satu payudara pun cukup sekali jangan berfikir kurang pasti cukup.

Dan apa yang dibilang Prof.Rulina itu bener dari 4 bulan gue menyusui L hanya dengan satu payudara yang kiri sedangkan yang kanan cuma gue pumping dan simpen di kulkas gak jarang gue buang, gue rutin pumping hampir 1tahun meskipun dibuang itu hasil si pumping.

dan dengan 1 payudara Althaf pun bisa menyusui dengan mudah, mulus dan lancar... gak usah di pikirin masalah di atas tadi yang penting masih tetep bisa nyusuin Althaf sampe sekarang. kunci nya cuma ngotot cyiin gak ada yang lain.

Pake doping asi gak sih ?
gue gak pake apa-apa cuma di awal kelahiran aja selama di rumah sakit gue dikasih moloco B sehari 1x selanjutnya dirumah juga di resepin tapi jarang gue minum ya kalo boleh di bilang satu bulan deh konsumsi ngabisin stock dari resep dokter kemaren selanjutnya cuma Happy, makan enak dan relax ASI pasti ngucur.

Jadi buat ibu-ibu yang galau soal nipple flat, mastitis, lecet, demam gak perlu worry kuncinya cuma niat kok gak perlu yang lain, dukungan suami dan keluarga juga penting banget ajak suami, keluarga kenal manfaat ASI keunggulan ASI pasti dukungan akan terus berdatangan.

Sekarang banyak kok Konselor Asi dimana-mana bahkan komunitas perASIan udah mulai  bercabang dimana-mana jadi ibu-ibu bisa belajar dimana aja apalagi sekarang rata-rata udah make smartphone canggih yang membebaskan para ibu muda googling dan mencari teman dimana saja.

Sedikit cerita gue sih sebenernya panjang perjuangan menyusui saat-saat bayi masuk NICU itu adalah pengalaman yang gak mudah buat di lupain.

yuks lah semangat buat menyusui jika niat akan dipermudah memberikan hak anak..

semoga berkenan yang membaca ^^

dvmhd
Bunda nya Althaf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar