Jumat, 10 Februari 2012

ASI Vs SUFOR



Mungkin banyak ibu dan beberapa Ibu yang memilih memberikan anaknya Sufor karena menurut mereka selain lebih praktis Sufor sangat jelas kandungannya dimata mereka dan mereka berfikir "semakin mahal Sufor semakin bagus juga kandungannya" padahal mereka salah besar ... kenapa ? karena kandungan Sufor justru belum jelas manfaatnya seperti DHA, Prebiotik, Probiotik, Kolin (buatan) dll.... sampai saat ini para Ibu yang memilih Sufor adalah dengan seberapa mahal dan merk nya serta kandungannya.
Perlu di ingat bahwa Sufor hanya mengandung lemak jadi bayi Sufor lebih gemuk atau gendut ketimbang bayi ASI tapi manfaat nya jauh beda dan sangat jauh ketimbang ASI 
padahal ASI itu mudah gampang dan murah ... dan tak banyak para ibu tidak memilih ASI karena takut direpotkan oleh segala hal tentang menyusui dimana, kapan itu harus buka-buka baju untuk menyusui tapi tak jarang juga wanita kantor wanita karir tetap menyusui anaknya dengan cara di perah di pumping agar anaknya tetap dapat menyusui ASI sekarang mudah kok alat pumping berbagai merk dijual mulai yang manual sampai yg elektrik gak perlu mompa enakkan ... dan gak jarang banyak Ibu yang pumping pake tangan gak pake alat mereka kerja dengan menenteng cooler bag ASI dan berbotol botol ASInya disimpan buat oleh-oleh anaknya pulang kerja .
Repot ? enggak tuh malah mereka seneng bisa memberikan ASI ekslusif sampai 2th 


kenapa sih harus ASI ? kandungannya apa aja sih ASI ?
  •  Laktosa

    Laktosa adalah jenis karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi.  Zat gizi ini sangat    berperan penting untung perkembangan syaraf, tulang & merangsang perkembangan laktobasilus bifidus - bakteri baik yang membantu penceranaan. Baik untuk tulang karena laktosa berperan meningkatkan penyerapan kalsium & magneisum.
  • Protein

       Protein berfungsi untuk perkembangan otak & sebagai pengatur serta pembangun sel-sel tubuh bayi. Komponen dasar didalam protein adalah asam amino yang terdiri dari taurin, triptofan, dan fenilalanin - berperan penting dalam perkembangan otak bayi. Di dalam protein bayi berisi juga Laktoalbumin & laktoglobulin - zat ini merupakan antibiotok alami yang melindungi tubuh bayi dari berbagai infeksi.
  • Lemak

         Lemak dalam ASI sangat mudah diserap oleh bayi karena lemak yang terkandung adalah asam lemak tidak jenuh.
  • Kolesterol 
          Banyak mengandung asam lemak essential yang dibutuhkan bayi 
  •  Laktoferin
           Zat ini pelindung bayi dari berbagai serangan infeksi seperti diare, radang, gangguan pernafasan. Karena zat ini menghambat perkembangan jamur kandida & bakteri stafilokokus.

  • Vitamin A 
Berguna untuk kesehatan mata 
  • Zat besi 
          Berfungsi untuk pembentukan sel-sel darah & menghindarkan dari resiko anemia. 50-70% zat besi dari ASI sangat mudah diserap bayi.
  • Lisozim
          Bermanfaat mencegah karies dentis, jadi ASI justru mencegah terjadinya kerusakan gigi.

  • Kolostrum 
          ASI pertama yang keluar dari Ibu disebut kolostrum. Didalamnya tinggi akan antibodi sebagai pertahanan tubuh bayi dari berbagai serangan penyakit.

  •  AA & DHA 
           Zat ini sangat baik untuk perkembangan otak bayi yang didapat dari perubahan omega-3 & omega-6.
  • Mineral 
           Kadar natriumnya yang tinggi, mencegah dari dehidrasi. Perbandingan kadar kalsium & fosfor didalam ASI sangat pas dengan kebutuhan bayi. ASI mengandung asam pikolinik - suatu molekul pengikat zeng, sehingga penyerapan zeng lebih efisien.





sedangkan SUFOR 
bisa di baca di sini :
afraamalia.multiply.com - Pengalaman_pribadi_studi_Riset_Pemasaran_tentang_ASI_VS_Sufor




semoga bermanfaat ya dan semoga semua Ibu bisa lebih bijak dalam memilih ASI 


DvMhd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar