Kamis, 02 Juni 2011

Kebersihan Ibu Hamil

Semasa hamil kebersihan rongga mulut dan kesehatan gigi sangat perlu  diperhatikan. karena, rongga mulut yang kotor dan mengandung banyak kuman akan menyebabkan gigi pada ibu hamil berlubang yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin.

Untuk itu, menjadi penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan gigi ke dokter untuk mengetahui beragam hal terkait kesehatan gigi dan mulut.
Sebab jika ibu mengalami masalah kesehatan rongga mulut atau gigi berlubang, harus berhati-hati, karena beresiko mengalami kelahiran bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah akibat infeksi yang mungkin terjadi.

Berdasarkan penelitian beberapa pakar pun menyatakan bahwa bakteri yang masuk melalui pembuluh darah disekitar gigi bermasalah, akan dapat menghambat pertumbuhan janin.


untuk itu ini lah berbagai tips bagaimana menjaga kesehatan gigi semasa hamil :

1. Tetap menyikat gigi secara teratur semasa hamil. Usahakan menggunakan pasta gigi mengandung flouride karena bisa membantu mencegah      gigi berlubang sebagai tempat sarang kuman.

2. Jika mual saat menyikat gigi, minimal ibu hamil harus berkumur untuk membersihkan rongga mulutnya. Gunakan juga obat kumur berflouride.

3. Jika mual dan mengeluarkan muntahan usahakan bersihkan mulut dengan berkumur. Sebab muntahan yang keluar dari rongga mulut bisa menyebabkan asam yang berefek menyebabkan gigi berlubang.

4. Usahakan banyak makan sayur dan buah

 5. Konsumsi susu low fat untuk ibu hamil

 6. Kurangi snack yang manis dan hindari permen yang manis, lebih baik mengkonsumsi camilan berupa buah segar, karena ini lebih menyehatkan gigi.

7. Hindari minum soda, karena soda mengandung banyak gula yang bisa mempercepat proses pengrusakan pada gigi.

8. Setelah makan coba kunyah permen yang free sugar
 
9. Tetap periksakan gigi ke dokter secara berkala, jangan tunggu sampai bayi lahir. Sebab ibu hamil juga perlu melakukan perawatan gigi.

sumber :
http://kosmo.vivanews.com/news/read/128606-ibu_hamil_perlu_perhatikan_kebersihan_mulut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar